Menu

© 2012 Firstyme - All rights reserved.

Firstyme WordPress Theme.
Designed by Charlie Asemota.

Magister Manajemen Pendidikan

Visi Program Studi

Visi Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan) adalah “Menjadi pusat unggulan pendidikan (Center of excellent in education), pengelolaan kependidikan dan pembelajaran yang berkualitas, inovatif, Islami dan mampu menjawab tuntutan zaman hingga tahun 2026”

Misi Program Studi

  1. Prodi Magister Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan) merumuskan tiga misi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, pengelolaan kependidikan dan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan jaman dan mampu memberikan arah perubahan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pendidikan, pengelolaan kependidikan dan pembelajaran yang berkualitas, inovatif, dan Islami.
  4. Memajukan Ipteks dan Sumberdaya Manusia Islami yang mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di bidang pendidikan.

Tujuan Program Studi

  1. Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan) (PM-MPd) ada tiga.
  2. Menghasilkan tenaga professional pengelola kependidikan dan pembelajaran yang berkepribadian, bertaqwa, berakhlak mulia, serta mampu beramal menuju masyarakat yang diridhoi Allah SWT.
  3. Menghasilkan tenaga pengelola kependidikan dan pembelajaran yang memiliki keunggulan bidang pengembangan konsep, teori, metodologi, dan praktek-praktek penyelenggaraan pendidikan.
  4. Menghasilkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengelolaan kependidikan dan pembelajaran yang memiliki integritas dan moral tinggi, serta intelektual dan profesional yang mencerminkan keberpihakan pada tanggung jawab sosial.

Kompetensi dan Etika Lulusan yang Diharapkan

Kompetensi dan etika lulusan Prodi dikategorikan dalam kompetensi utama, kompetensi penunjang, dan kompetensi lainnya.

Kompetensi utama

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar metodologi pengelolaan kependidikan dan pembelajaran untuk mengembangkan konsep, teori, dan praktek penyelenggaraan pendidikan.
  2. Memiliki kemampuan menggunakan ICT sebagai sarana untuk memecahkan masalah-masalah sosial dengan memadukan antara konsep, teori, metodologi, dan praktek penyelenggaraan pendidikan.
  3. Memiliki kemampuan untuk menghasilkan teori, konsep, dan model penerapan pengelolaan kependidikan dan pembelajaran, yang dapat dijalankan secara efektif dalam masyarakat, dan menjadi sumber dalam pembentukan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.

Kompetensi penunjang

  1. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding).
  • Pemahaman (understand about the conceptual and procedural knowledge of) terhadap konsep, teori, metodologi, dan praktek penyelenggaraan pendidikan.
  • Pemahaman (understand about the conceptual knowledge of) tentang konsep dasar, pendekatan (obyek formal), dan lingkup kajian (obyek material) dalam mempelajari dan mengembangkan pengelolaan kependidikan dan pembelajaran.
  1. Penalaran (Intellectual/thinking Skills)
  • Mampu mengidentifikasi dan mengiventarisasi berbagai kesenjangan pendidikan, pengelolaan kependidikan dan pembelajaran.
  • Mampu melihat (analyze) hubungan antar konsep, teori, metodologi, dan praktek penyelenggaraan pendidikan.
  • Mampu menerapkan (apply) konsep, teori, metodologi, dalam praktek penyelenggaraan pendidikan.
  • Terampil melakukan interpretasi (understand by interpreting of) terhadap hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengelolaan kependidikan dan pembelajaran.
  • Terampil menilai dan mengambil keputusan (evaluate) terhadap persoalan-persoalan dalam masyarakat dengan mendasarkan pada penyelesaian berbasis penelitian ilmiah.

Kompetensi lainnya yang bersifat khusus

  1. Ketrampilan Manajerial (Managerial Skills)
  • Memiliki sikap, kepekaan dan kesadaran etik professional.
  • Dapat menerima dan menghargai (responding) pendapat orang lain.
  • Mampu untuk mengembangkan diri dan mampu berfikir secara ilmiah dan komprehensif untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
  • Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.
  • Dapat memegang (characterizing) etika keilmuan.
  1. Ketrampilan Praktis (Practical Skills)
  • Mengenal (remember) beragam persoalan-persoalan pendidikan dalam masyarakat
  • Trampil mengakses, menggunakan serta mengolah berbagai sumber informasi secara komprehensif
  • Trampil berkomunikasi secara efektif dan efisien (baik secara lisan maupun tertulis) dengan berdasarkan argumentasi yang berprespektif pengelolaan kependidikan dan pembelajaran yang berkualitas, inovatif, dan Islami.
  • Terampil dalam penulisan laporan dan karya ilmiah
  • Terampil dalam penyajian/presentasi laporan dan karya ilmiah

Kurikulum Program Studi

Program Reguler

Program Magister Manajemen Pendidikan memiliki 6 konsentrasi atau perminatan, diantaranya:

  1. Manajemen kepemimpinan
  2. Manajemen pendidikan dasar
  3. Manajemen pendidikan matematika
  4. Manajemen IPS
  5. Manajemen IPA
  6. Manajemen keberbakatan khusus
  7. Program Double Degree

Program International Education Manajement di selenggarakan bekerjasama dengan Faculty of Education Minnesota University. Beban Study program ini sebesar 42 SKS, dengan rincian 24 SKS dilaksanakan di UMS selama 1 tahun dan 18 SKS selama 1 tahun dilaksanakan di Minnesota University. Peserta akan mendapat gelar M.Pd (UMS) dan M.Ed (Minnesota University)

Program Twinning Program

Program ini dilaksanakan bersama Magister Teknik Sipil dengan Beban Study sebesar 60 SKS. Program twinning dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 6 semester. Peserta program ini akan mendapat gelar MT dan M.Pd

Dosen Program Studi

Prof. A. Malik Fajar, M.Sc
Prof. Dochak Latief
Prof. Dr. Yetty Sarjono, M.Si
Prof. Dr. Bambang Sumardjoko
Prof. Dr. Budi Murtiyasa
Prof. Dr. Sutama, M.Pd
Dr. Eko Supriyanto
Dr. Samino
Dr. Sabar Narimo
Dr. Sumardi, M.Si
Dr. Tjipto Subadi, M.Si
Dr. Suyatmini
Dr. Suwaji
Dr. Darsinah
Dr. Sumarmo
Idris Harta, M.A., Ph.D.
Maryadi, Drs, M.A.
Budi Sutrisno, Drs, M.Pd
Wafroturrohmah, Dra.,MM
Ahmad Fathoni, Drs., M.Pd
Sofyan Anif, Drs., M.Si
Jalal Fuadi, Drs., MM
Achmad Muhibin, Drs., M.Si
Titik Asmawati, Dra., M.Si
Hariyatmi, Dra., M.Si